Universitas Brawijaya

Alumni Program Studi Ilmu Politik – FISIP

Tokoh Masyarakat

10 - 01 - 2015 admin
  • Aya Nawafi

aya nawafi

Aya nawafi adalah mahasiswa ilmu politik angkatan 2010. Dia mengawali karir kepemimpiannya dengan menjadi ketua kelas dalam beberapa mata kuliah. Kemudian di semester 2 ia menjadi inisiator berdirinya FDKP (Forum Diskusi Kopi Pait) yang diselenggarakan di FISIP UB. Dari situ ia memperoleh simpati dan kepercayaan dari teman seangkatanya untuk maju sebagai Calon Ketua HIMAPOLITIK periode 2012-2013. Ia juga mendirikan organisasi informal bernama KMIP (Keluarga Mahasiswa ilmu Politik) yang aktif melakukan kegiatan diskusi dan mengundang tokoh-tokoh dalam kegiatan diskusi ilmiah maupun seni budaya  dari kalangan seniman. Tercatat Seniman Nasional Sujiwo Tejo pernah mereka hadirkan di Fisip Ub dalam kegiatan bersama mahasiswa.

Di luar kampus ia juga aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Brawijaya. Dari rekam jejak ketokohannya sejak kuliah ini maka tidak heran ketika saat ini ia dipercaya sebagai  Koordinator Seksi Agama dan Budaya Dewan Perwakilan daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten  Tulungagung. Watak intelektual dalam kepemimpinan publiknya ini terus berkembang terbukti dengan posisnya sebagai koordinator Research di Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatu Ulama  (PC IPNU) Tulungagung. Disamping itu, dia juga mengabdi di GP Ansor Tulungagung sebagai Tim Kaderisas sekaligu sebagai pembina PAC IPNU/IPPNU kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung.

Berbagai posisinya di organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan ini tidak mengeherankan sebab reputasi kepemimpinan publiknya telah terbangun sejak ia masih duduk di bangku kuliah sebagai mahasiswa Program Studi Ilmu Politik.  Posisi-posisi kepemimpinan publik  penting yang ia miliki di berbagai tingkatan tersebut tidak membuatnya melupakan mengabdi di kampung halaman tempat ia dilahirkan.  Ia  menginisiasi terbentuknya BMP (Bintang Muda Pinggirsari) wadah pemuda di desanya untuk turut membangun Indonesia dari Desa. Bersama dengan kedua saudaranya, ia juga mendirikan  Taman Baca Masyarakat (TBM)  di rumahnya, desa Pinggirsari, kecamatan Ngantru. Semangatnya untuk terus belejar juga luar biasa sehingga dalam padatnya posisi kepemimpinan publik tersebut ia terus menimba ilmu lebih tinggi  dan tercata sebagai Mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Politik UNAIR Surabaya.

  • Jefri Samudro

Jefri S

Merupakan mahasiswa ilmu politik universitas brawijaya angkatan 2010.  Jefri adalah mahasiswa yang tekun dan rajin dalam perkuliahan maupun aktifitas keorganisasian.  Jefri berhasil menyeimbangnkan aktifitasnya  dalam organisasi intra dan ekstra kampus beserta kegiatan akademiknya. Jefri berhasil menyelesaikan studinya selama 3 Tahun 7 Bulan dalam waktu yang bersamaan ia aktif di dalam kegiatan organisasi intra kampus, keolahragaan dan ekstra kampus. Jefri pernah menjabat sebagai  Wakil Menteri Dalam Negeri BEM FISIP 2012 dan di sisi lain jefri juga menjadi Wakil Ketua Dynamite Social yaitu satu unit kegiatan organisasi keolahragaan sepak bola di FISIP Universitas Brawijaya.

Tidak berhenti disitu saja, jefri pun juga terlibat aktif dalam organisasi ekstra kampus. Jefri pernah menjadi Kepala Bagian Kaderisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Fisip Universitas Brawijaya. Setelah jefri menyelesaikan studi nya di Ilmu Politik Universitas Brawijaya, jefri menjadi inisiator Forum Intelektual Muda (FIM) Kota Batu dan sekaligus menjadi ketua umum di FIM tersebut. FIM merupakan organisasi yang tujuannya mengangkat peran akademisi dan memunculkan suasana akademisi dalam pembangunan kota batu. Dan alhasil sekarang jefri melanjutkan studi magister nya di jurusan Perencanaan dan Kebijakan Publik Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia.