Universitas Brawijaya

Alumni Program Studi Ilmu Politik – FISIP

Sumbangsih dan Kontribusi

10 - 01 - 2015 admin

Berikut adalah beberapa program alumni dalam hal Sumbangsih dan Kontribusi:

  • Bakti sosial alumni

Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional yang jatuh pada tanggal 5 Mei 2015, Ikatan Alumni Mahasiswa ilmu Politik (IKA  Politik)   Universitas Brawijaya mengadakan program peduli peningkatan intelektulitas Mahasiwa Ilmu Politik FISIP UB. Program ini di koordinatori oleh Hasby Rofiqi selaku ketua  IKA Politik  Universitas Brawijaya. Metode  pelaksanaan kegiatan  dilakukan oleh para alumni dalam bentuk sumbangan buku kepada Program Studi ilmu politik dan kepada mahasiswa  melalui perwakilan dari Himapolitik.

Para alumni juga berkunjung kesekretariat Himapolitik dengan membawakan sumbangan berupa beberapa buku sosial diantaranya: Pengantar Ilmu Politik, Analisis Kebijakan Publik, Sistem Pemilu, Pengantar Ilmu Filsafat dan masih banyak lagi buku-buku sosial lainnya. Dalam pemberian buku ini dilakukan secara simbolik oleh perwakilan alumni dan perwakilan dari Himapolitik. Menurut Hasbi Rofiqi selaku koordinator  program ini adalah bentuk konkrit  kepedulian alumni pada peningkatan intelektualitas mahasiswa terutama mahasiswa ilmu politik dimana alumni melihat akhir-akhir ini intelektualitas mahasiswa dirasa mengalami penurunan. Selain Hasby Rofiqi alumni lain yang bernama Mi’rojul Huda juga memberikan pernyataannya bahwa “buku merupakan jendela ilmu dan buku tidak akan membuatmu bodoh atau miskin karena buku dapat mendatangkan kekayaan sejati yakni ilmu”.

Buku-buku ini kemudian disimpan dalam ruangan perpustakaan mini di sekretariat Himapolitik. Selanjutnya setiap mahasiswa yang ingin membaca buku tersebut bisa hadir secara langsung ke sekretariat yang akan dibuka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB. Untuk menambah kenyamanan pembaca, alumni juga menyumbangkan Kipas Angin dan Karpet sebagai alas pembaca.

  • Alumni go green

foto kegiatan IV

Ketua IKA Alumni Ilmu Politik bersama pengurus dan himpunan mahasiswa ilmu politik menyelenggarakan kegiatan penghijauan dalam program “Gerakan Indonesia Menanam Pohon”. Program tersebut adalah satu bentuk kepedulian alumni dan mahasiswa terhadap global warming serta pentingnya wawasan pembangunan berkelanjutan di tengah masyarakat.

Kegiatan ini diselenggakan di dua kecamatan yakni Pakis dan  Wajak kabupaten malang pada tanggal 1-5 Mei 2014 yang melibatkan juga vounteer dari kalangan siswa dan guru SMA. Pelibatan stakeholders ini juga bertujuan memperkenalkan institusi PS IP FISIP UB agar kiprahnya makim bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

foto kegiatan III

  • Inspiring to others

foto kegiatan I

Kegiatan ini diselenggarakan oleh IKA Alumni PS IP FISIP UB dalam bentuk kegiatan  workshop out door yang memotivasi peserta dari kalangan SMA untuk bersemangat belajar menghadapi ujian akhir dan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri  di Kec Singosari Kabupaten Malang. Kegiatan ini diselenggarakan dengan kerjasama beberapa pihak antara lain IKA Alumni, Hima politik, dan beberapa SMA setempat.foto kegiatan VI

Animo peserta sangat tinggi hal ini tampak dari membludaknya peserta serta keaktifan peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Yunas ketua IKA Politik dalam kesempatan ini juga memberikan kenang-kenangan kepada beberapa peserta aktif yang terpilih.