Universitas Brawijaya

Alumni Program Studi Ilmu Politik – FISIP

Media Massa

10 - 01 - 2015 admin
  • Bramantyo Pras Setyo Herlambang

bram

Sosok yang sejuk dan tidak banyak bicara namun berpergaulan luas ini adalah termasuk alumni dengan reputasi personal yang luar biasa. Lulus dari Ilmu Politik ia sempat mendidakasikan diri di TV kampus yakni UB TV. Dari UB TV ia melangkahkan jejak kakinya ke ibu kota dan memulai karirnya sebagai Jurnalis di Metro TV.

Untuk mendapatkan posisi sebagai jurnalis di media prestisius ini ia harus menyingkirkan ratusan pendaftar lainnya. Dengan modal pengetahuan politik yangluas, kapasitas keilmuwan yang dalam, kecakapan komunikasi yang diatas rata-rata, dan tentu saja paras yang camera face membuatnya terpilih sebagai yang terbaik diantara ratusan pelamar yang berminat dalam posisi tersebut.

“Hidup adalah jalinan cerita. Cerita dimana saya memulai dengan berbagai semangat dan informasi. Itulah alasan mengapa saya memilih jalan sebagai jurnalis. Karena hidup memiliki banyak cerita yang bisa dibagikan. Bukan hanya cerita yang informatif, tetapi juga menginspirasi mencari berita menjadi tantangan setiap harinya. Setiap tantangan menuntut saya selalu maju, dan belajar lebih tentunya”. Demikian ungkap Bram kepada tim Web alumni.

Lebih lanjut ia menjelaskan: “Hidup sebagai jurnalis, saya mantabkan saat sebelum saya meraih gelar sarjana di prodi ini. Pasca itu, segala langkah saya niatkan demi dapat menjadi bagian dari warta berharga tersebut. Mencari, mengumpulkan, dan membuat berita menjadi keasyikan sendiri bagi saya. Seperti bercerita, menulis berita juga seperti mendongengkan peristiwa kepada orang lain”.

  • Eka Mahardika Wijayanta

eka mahardikaKetokohan Eka Mahardika Wijayanta ini telah terbangun semenjak tercatat sebagai mahaiswa di PS IP FISISP UB.  Selain prestasi di bidang akademik ia juga seorang bintang lapangan. Kiprahnya di Liga Futsal FISIP UB membawa banyak prestasi baik di tingkat universitas maupun nasional. Sang bintang lapangan ini lahir di Karanganyar tanggal 17 Agustus 1991. Tugas akhirnya tentang studi Partai Golkar mengantarkannya untuk menyelesaikan studi selama 3,6 tahun di program studi Ilmu Politik FISIP UB dengan hasil yang memuaskan. Setelah menyelesaikan studi, dia kemudian hijrah ke ibukota dan berhasil bergabung menjadi Staff Content Analisis atau Litbang Redaksi di PT. Lativi Mediakarya (TV One).

Tidak mudah memang perjalanannya, ia hars menyisihkan ratusan pelamar yang ingin mengisi posisi prestisius di perusahan media yang tak kalah bonafid meskipun terhitung perusahaan baru.    Baginya, menjadi staff content analisis di media tidaklah sulit karena apa yang dikerjakan tak jauh- jauh dari apa yang diperoleh di bangku perkuliahan. Mulai dari riset berbasiskan jurnalistik pemberitaan untuk dijadikan bahan produksi sampai memberikan rekomendasi kepada tim produksi terkait isu- isu dan pengembangan berita ke depan. Kurikulum Program Studi Ilm Politik FISIP UB sangat mendukung pencapaian karirnya disamping etos pribadinya yang memang kompeten.