Universitas Brawijaya

Alumni Program Studi Ilmu Politik – FISIP

Entrepreneur

10 - 01 - 2015 admin
  • Yolla Caesar Maherdya

yolla caesar

Sejak masa kuliah, saya menempuh studi ilmu sosial dan politik. Bagi saya peluang menjadi seorang pengusaha begitu luas. Terutama branding kampus saya yang banyak menekankan pada enterpreneurship. Setelah kuliah saya selesai pada tahun 2015 lalu, saya mencoba mengasah jiwa kewirausahaan yang saya miliki. Setelah satu tahun berjalan, kini saya memiliki sebuah butik sendiri di Surabaya yang hingga saat ini saya kembangkan.

  • Yoga Adi Kurnia

yoga adi kurnia

Saat ini saya sedang menjalankan usaha peternakan di Tulungagung. Saya merupakan alumni ilmu politik angkatan 2010. Sebagai pengusaha, wawasan sosial dan politik sangatlah penting, terutama relasi yang sudah saya bangun sejak selama masa kuliah. Hal itu memberikan peluang besar bagi usaha yang saya miliki saat ini. Sekarang saya tidak hanya mengembangkan peternakan ayam, namun juga memulai melebarkan usaha di bidang perikanan. Hasil peternakan yang saya miliki, kini beredar di pasaran Jawa dan Luar Jawa.

  • Riki Ardianto

 

riki ardiantoKurikulum ilmu politik UB sangat berperan dalam pencapaian kesuksesan saat ini, menjadi seorang pengusaha yang bergerak di bidang ekspor/impor mutiara laut asli Lombok, tidak hanya dibutuhkan ilmu tentang bisnis saja namun juga ilmu tentang analisis kebijakan sehingga mampu untuk memprediksi situasi dan kondisi politik, karena bagaimanapun hal tersebut juga sangat mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat.

Selain itu, sebagai kampus entrepreneur, Universitas Brawijaya mewajibkan matakuliah kapita selekta kewirausahaan, berangkat dari perkuliahan tersebutlah dia tergerak untuk menjadi seorang socio-preneur. Wawasan ilmu politik yang dia dapatkan memberikan perspektif bahwa bisnis bukanlah hanya sekedar menumpuk modal capital saja, karena hanya akan menjadi bisnis yang eksploitatif. Namun bisnis juga musti bisa memberikan efek positif terhadap lingkungan sekitar dan cara-caranya pun harus memperhatikan kelangsungan alam (sustainable development). Menjadi seorang socio-preneur merupakan hasil yang ia rasakan dari belajar ilmu politik di FISIP UB.

  • Ekak Surahman Yuga

ekakLahir di Mojokerto pada tanggal 21 Februari 1991. Dia merupakan mahasiswa program studi Ilmu Politik angkatan 2009. Selama kuliah, mahasiswa dari Jombang ini selalu aktif dan tekun. Tepat selama 4 tahun menyelesaikan studinya, ia kemudian meneruskan bisnis keluarganya yang telah berkembang di beberapa daerah seperti Jombang, Mojosari dan Mojokerto. Dengan jiwa entrepreneur yang dimilikinya, usaha jual beli aquarium dan ikan hias yang diberi nama PT. Aquarindo Jaya Purnama telah memiliki 20 orang karyawan di masing- masing outletnya dengan omset perbulannya kurang lebih 450 sampai 500 juta. Bagi dirinya, membuat sebuah usaha itu membutuhkan niat, ketekunan, pantang menyerah dan selalu menciptakan inovasi. Serta harus mampu memanage waktu dan semuanya.

  • Adinda Laksmi

1458375944398Jangan pernah memandang orang dari kemasannya. Hal inilah yang patut diperhatikan dalam diri seorang Adinda Lakmi. Dengan perawakan kecil dan mungil, perempuan asli Arema ini menjadi salah satu lulusan terbaik dari Ilmu Politik UB. Tidak hanya pintar di dalam kelas, ia juga mampu membuktikan bahwa seorang perempuan tidaklah hanya pandai pergi ke Mall atau Café, seorang perempuan harus mampu berjuang dalam kondisi apapun. Ia membiayai kuliahnya dengan berwirausaha, keahliannya dibidang IT dan Medsos ia manfaatkan untuk berbisnis online. Di tengah bisnis online yang ia jalankan, dan studio foto yang dikelola bersama suaminya, ia juga melanjutkan studi S2 di jurusan ilmu politik FISIP UB. Adinda mampu membuktikan bahwa menjadi akademisi dan wirausahawan perempuan adalah hal yang bisa dijalankan secara bersamaan tanpa meninggalkan peran sebagai istri dan ibu rumah tangga.